Softskill Paling Penting Untuk Perkembangan Karier dan Bisnis


Setiap orang yang melakukan pekerjaan atau bisnis sendiri pasti memiliki skill yang perlu diasah. Walaupun skill teknikal itu penting, tapi ada satu skill yang tidak kalah penting untuk kita perhatikan, yaitu softskill

Saat bekerja atau menjalankan sebuah bisnis tentu kita ingin dikenal sebagai orang yang baik dalam melakukan segala pekerjaan dalam keseharian, faktanya saat melakukan pekerjaan kita tidak hanya melakukan pekerjaan dengan menggunakan skill teknikal kita saja. Kita membutuhkan softskill yang terkadang porsinya lebih besar dari skill - skill teknikal yang kita miliki.

Nah apa sih yang dimaksud dengan softskill itu? dan bagaimana cara mempelajari softskill dan apa saja softskill yang paling penting untuk perkembangan karier dan bisnis kita? 

Kali ini blog pejuang karir akan membahas mengenai softskill ini secara lengkap, jadi terus baca sampai selesai ya? dan jangan lupa share juga agar artikel ini bermanfaat untuk semua.

Apa Itu Softskill ? Pengertian Softskill

Softskill adalah skill yang tidak punya ukuran pakem. Lebih mudahnya adalah perumpamaan mengenai skill berhitung, akan bisa kita ukur dengan menggunakan soal hitungan dasar, menengah, dan lain - lain. Sedangkan untuk softskill jarang ada pakem untuk mengukurnya, ya walaupun ada beberapa yang mampu mengukur, tapi jarang sekali bisa diukur dengan cepat.

Saya mempunyai sebuah cerita dari teman saya mengenai pentingnya softskill ini di lingkungan kerja. Dia adalah seorang yang sangat mahir di bidangnya, belajar dari nol dan benar - benar terjun ke dunia karier baru tanpa dasar pengetahuan sedikitpun. Namun, dia mampu menguasai skill teknikal dengan cepat dan akhirnya berhasil membuatnya diterima di salah satu perusahaan startup.

Setelah 3 bulan berjalan di perusahaan tersebut dia bercerita bahwa dia tidak diperpanjang sebagai karyawan tetap karena alasan tertentu. Setelah mendengar cerita dari teman saya, dapat diambil kesimpulan bahwa teman saya ini kurang mengasah softskillnya sehingga tidak dapat membantu pekerjaannya dengan maksimal. Itulah mengapa softkill sangat penting untuk perkembangan karier dan bisnis.

Selain itu menurut penelitian, perusahaan lebih memperhatikan softskill daripada kemampuan teknikal, paling tidak calon pegawai memiliki dasar yang kuat sudahlah cukup dijadikan dasar kemampuan teknikal.

Seperti cerita dari teman saya tadi, anda bisa saja adalah seseorang dengan kemampuan yang terbaik di bidang anda, tapi jika softskill yang anda punya sangat kurang, sudah dipastikan anda tidak akan bertahan lama atau karier dan bisnis anda tidak akan berkembang.


Softskill Penting Untuk Karier Dan Bisnis Anda

Pada dasarnya semua softskill yang ada sangatlah penting untuk perkembangan diri, namun ada beberapa softskill yang sangat berpengaruh untuk permebangan karier dan tentu juga untuk bisnis. Langsung saja kita coba jabarkan.

1. Skill Komunikasi 

Sumber : Unsplash

Skill pertama yang sangat penting untuk perkembangan karir dan bisnis adalah skill komunikasi.

Kenapa harus skill komunikasi - Skill komunikasi dibagi menjadi dua oral dan written atau bisa disebut dengan lisan dan tertulis. Jika anda ingin berkembang dengan cepat anda harus mampu membangun relasi dengan rekan kerja atau rekan bisnis. Untuk bisa membangun relasi yang baik tentu membutuhkan skill komunikasi yang baik. Dengan demikian alasan kenapa skill komunikasi harus dimiliki sudah terjawab.

Kenapa perusahaan mencari orang dengan skill komunikasi yang baik - Perusahaan mengharapkan setiap pegawai mereka untuk mencapat tingkat produktifitas yang maksimal, dan biasanya pekerja dengan skill komunikasi yang baik lebih mampu untuk mencapainya.

Kenapa pebisnis membutuhkan skill komunikasi yang baik - Sudah dijelaskan bahwa skill komunikasi penting karena digunakan untuk membangun relasi baik untuk bisnis dan karier. Semakin baik skill komunikasi yang dimiliki, peluang membangun relasi yang baik juga akan terbuka lebar.

Bagaimana cara mendapatkan skill komunikasi - Saya sendiri adalah seorang yang sangat introvert, yang awalnya sangat kesulitan untuk berkomunikasi. Tapi saya mempunyai tips yang mungkin akan membantu, yaitu : 
  • Paksa diri untuk berkomunikasi dengan siapa saja.
  • Paksa diri untuk mengawali pembicaraan.
  • Baca dan perluas lingkup pengetahuan, agar mampu "meladeni" lawan bicara yang punya wawasan luas.
  • Jangan takut melakukan kesalahan, salah itu wajar tinggal kita perbaiki di kemudian hari. Jangan jadikan ketakutan sebagai halangan terbesar.

2. Teamwork Atau Kerjasama Tim

Sumber : Unsplash

Selanjutnya adalah skill untuk bisa melakukan kerjasama tim.

Kenapa kerjasama tim itu penting ? - Mau itu bisnis sendiri atau sebuah perusahaan yang mempekerjakan pegawai, tidak mungkin kesuksesan datang dari satu orang. Setiap orang memiliki peran yang sangat penting. Untuk mencapai sebuah tujuan kita membutuhkan kerjasama dengan orang lain, dan itulah kenapa kerjasama tim itu penting.

Kenapa perusahaan mencari yang bisa bekerja dalam tim - Pekerjaan besar yang biasanya digunakan untuk mencapai goal dari sebuah perusahaan membutuhkan kerjasama tim yang hebat. Jadi untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya perusahaan mencari orang dengan softskill ini.

Kenapa pebisnis harus memiliki skill kerja dalam tim - Tentunya sudah tidak  

Bagaimana cara mendapatkan skill kerjasama tim - Jika anda masih duduk di bangku kuliah ataupun masih sekolah maka anda beruntung. Ikutlah berbagai organisasi yang ada di kampus dan sekolah, dan yang tidak kalah penting aktif berorganisasi, jangan hanya nebeng nama. Untuk yang sudah lulus, dan ingin mempelajarinya adalah dengan cara mengikuti komunitas sosial yang ada.


 3. Skill Beradaptasi 

Sumber : Unsplash

Adaptasi adalah sebuah kemampuan untuk menyesuaikan diri yang sudah diberikan ketika kita lahir.

Kenapa skill ini penting - Sebagai seorang individu dan manusia biasa kita tentunya pernah merasakan, sesuatu tidak berjalan sesuai dengan rencana kita. Skill adaptasi ini sangat dibutuhkan dalam hal ini. Kita harus menyesuaikan segala sesuatunya agar kita tetap bisa mencapat tujuan kita.

Kenapa perusahaan mencari orang yang memiliki skill ini - Entah itu budaya, dan lingkungan perusahaan pasti memiliki sebuah kebiasaan tersendiri, dan orang yang bisa beradaptasi dengan lingkungan itu akan mampu bekerja dengan optimal.

Kenapa pebisnis membutuhkan skill adapatasi - Skill adaptasi yang cepat sangatlah krusial untuk pebisnis karena dengan skill adaptasi kita mampu menemukan jalan tengah yang tepat untuk pekerjaan yang meleset dari harapan kita.

Cara untuk mendapatkan skill adaptasi - Menurut saya skill ini agak susah untuk dipelajari, karena kemauan saja tidak cukup, harus ada konsistensi dan persisntensi agar bisa mempelajari skill adaptasi. Salah satunya cara adalah dengan pergi ke tempat - tempat yang belum pernah kita datangi sama sekali.

Kesimpulan 

Sebenarnya softskill penting lainnya seperti, manajemen konflik, problem solving, leadership, kemudian beberapa sofkill lain juga sangat dibutuhkan. Tapi daftar softskill diatas merupakan softskill utama yang menjadi hambatan utama dalam berkarier dan berbisnis.

Jadi bagaimana, apakah anda siap untuk mengembangkan softskill anda?

Baca juga artikel : 

Posting Komentar

0 Komentar