Bagaimana Aplikasi POS OmniChannel Menjembatani Kesenjangan Online-Offline



Ada permintaan yang meningkat bagi pelanggan untuk dapat beralih antara toko online dan fisik dengan mulus. Solusi POS Multisaluran menjembatani kesenjangan layanan online-offline yang dihadapi banyak pengecer. Omnichannel POS memungkinkan pembelian, promosi, dan pengembalian lintas saluran. Ini memungkinkan manajemen inventaris waktu nyata dan pemanfaatan perjalanan pelanggan.

Apa Kesenjangan Layanan Online – Offline?

Di masa lalu, ritel online telah dianggap sebagai pesaing ritel tradisional. Di era digital, retail offline vs online sudah tidak berlaku lagi. Perusahaan mulai menyadari manfaat memiliki keduanya.


Namun, memiliki saluran online dan offline tidak lagi cukup.


Bisakah pelanggan Anda bertransisi di antara dua jenis toko dengan mulus? Jika tidak, kemungkinan Anda tidak menggunakannya secara efektif. Integrasi belanja online-offline yang tidak efisien adalah masalah terbaru dalam lanskap ritel yang berubah. Ini menyebabkan pelanggan kecewa dan kehilangan penjualan. 


Pelanggan di era digital berbelanja dengan kecepatan mereka sendiri, pada waktu mereka sendiri, mengikuti aturan mereka sendiri. Mereka masih membutuhkan produk berkualitas tinggi dengan harga yang wajar. Namun, mereka ingin dapat melakukan lebih banyak lagi. Yang mereka inginkan adalah pengalaman berbelanja yang mulus, terpadu, dan unik.


Contoh yang paling nyata adalah beberapa penjualan peralatan industri yang tadinya hanya dilakukan secara offline, kemudian sekarang sudah bisa diakses secara online. Anda bisa menemukan berbagai keperluan industri seperti body harness, bor tangan, dan home-tooling lainnya dengan mudah secara online dimana saja.

Apa yang membuat pengalaman berbelanja yang mulus, terpadu, dan unik?

Pelanggan menginginkan kenyamanan belanja online dan sentuhan pribadi toko fisik. Misalnya, mereka dapat beralih antara seluler dan desktop sebelum menyelesaikan pembelian. Informasi yang mereka dapatkan dari riset online cocok dengan pengalaman di dalam toko mereka. Penawaran online relevan dengan minat mereka. Dukungan di dalam toko telah disesuaikan dengan kebutuhan mereka.


Pelanggan yang menyukai pengalaman berbelanja pengecer akan memilih pengecer itu daripada pesaing. Mereka lebih cenderung merekomendasikan pengecer kepada teman dan keluarga mereka. Mereka juga bersedia untuk kembali dan membelanjakan lebih banyak per pembelian, meningkatkan nilai pelanggan secara keseluruhan.


Di sisi lain, bahkan ketidaknyamanan kecil dalam pengalaman berbelanja dapat membuat calon pelanggan menjauh. Pengecer berjuang untuk memberikan pengalaman pelanggan yang memadai dan ada banyak contoh integrasi online-offline yang buruk.

Bagaimana Anda harus menanggapi tren ini?

Permintaan dan harapan pelanggan selalu berubah dan berkembang. Bagaimana Anda bisa memberi pelanggan apa yang mereka inginkan? Di sinilah Solusi POS Multisaluran dan Multisaluran masuk.


Di bawah persaingan yang ketat, semakin banyak bisnis yang mengadopsi model Multisaluran. Dalam model Multisaluran, toko pengecer, gudang, dan setiap bagian bisnis beroperasi sebagai sistem yang terpadu dan kohesif. Ini membuat hidup lebih mudah bagi manajer ritel: bisnis kompleks Anda dikelola oleh satu sistem pusat. Omnichannel juga berpotensi menciptakan pengalaman berbelanja yang mulus untuk menjaga kepuasan pelanggan.


Inti dari setiap solusi Multisaluran yang baik adalah sistem Point-of-Sale (POS) yang efektif. Ini adalah pusat jaringan Multisaluran yang menarik informasi dari titik mana pun dari sistem. Detail pesanan, basis data pelanggan, informasi inventaris – Solusi POS Multisaluran menggabungkan semuanya untuk membantu pelanggan dan staf penjualan.


Jika Anda mencari cara untuk menjembatani kesenjangan layanan pelanggan online-offline, POS Multisaluran mungkin bisa menjadi solusi Anda.

Bagaimana Solusi POS Omnichannel Menjembatani Kesenjangan Online-Offline?

Solusi POS Omnichannel adalah salah satu modul yang paling sering ditemui pelanggan. Dengan satu atau lain cara selama proses pembelian, mereka akan berinteraksi dengannya sendiri atau melalui staf penjualan. Itu dapat membuat atau menghancurkan kesan pertama pelanggan tentang Anda.


Menggunakan perangkat lunak POS Multisaluran secara efektif secara online dan di dalam toko dapat menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan. Solusi POS Multisaluran akan mengaktifkan:

Pembelian lintas saluran

Ketika pelanggan ingin membeli produk Anda, mereka harus dapat melakukannya pada waktu dan tempat yang paling nyaman bagi mereka. Integrasi data online-offline berarti pelanggan dapat menyelesaikan pesanan dengan cara yang berbeda. Ini termasuk:


  • Selesaikan pesanan secara online;

  • Tambahkan item ke keranjang belanja online, datang ke toko Anda, akses keranjang ini, dan selesaikan pesanan;

  • Pesan barang secara online dan ambil di toko terdekat;

  • Bayar barang secara online dan datang ke toko lokal untuk mengambilnya. Click-and-collect adalah salah satu metode pengiriman paling populer bagi pelanggan.

Promosi lintas saluran

POS ritel Multisaluran memungkinkan integrasi data online dan offline, termasuk promosi online dan di dalam toko. 


Salah satu cara efektif untuk meningkatkan penjualan untuk toko fisik Anda adalah dengan mengirimkan kode promosi melalui email. Ini mungkin meyakinkan pelanggan untuk pergi ke toko Anda untuk menebusnya. 


POS akan memberi staf Anda akses mudah ke akun pelanggan di sistem Anda. Mereka dapat melihat hadiah dan promosi yang memenuhi syarat untuk setiap pelanggan, dan menerapkannya sesuai dengan itu. Jika ada promosi baik channel online maupun offline, POS Solution dapat menginformasikan kepada staff dan customer agar dapat menggunakannya.

Data inventaris waktu nyata yang dapat diakses

Ketersediaan produk online dan offline merupakan faktor kunci ketika pelanggan memutuskan pengecer mana yang akan dibeli. Perangkat lunak POS Multisaluran, dikombinasikan dengan solusi Manajemen Inventaris dan Manajemen Pesanan, akan memastikan akses waktu nyata ke data inventaris yang benar.


Dalam sistem Multisaluran, informasi inventaris disinkronkan di semua titik. Siapa pun di sistem Anda yang mencari ketersediaan produk akan mendapatkan hasil yang sama. Berkat ini, pelanggan akan dapat memeriksa apakah suatu barang tersedia secara online atau di dalam toko, dan merencanakan pembelian mereka dengan tepat. Staf Anda bisa mendapatkan jumlah produk yang akurat di seluruh gudang secara tepat waktu.

Sistem inventaris yang andal juga akan menghasilkan metode pembelian dan pengiriman yang beragam. Selain contoh pembelian lintas saluran yang saya sebutkan di atas, pertimbangkan situasi ini:


Seorang pelanggan ingin membeli barang dari Anda, tetapi stoknya habis di toko tempat mereka berada. Jika staf penjualan Anda tidak dapat mengakses inventaris toko lain, Anda akan kehilangan pelanggan. Namun, berkat Solusi POS Multisaluran, staf penjualan dapat memeriksa sistem dan melihat bahwa sistem tersebut tersedia di toko lain. Tapi kita bisa melangkah lebih jauh: Alih-alih membuat pelanggan berjalan ke toko lain, Anda bisa mengatur agar barang diambil dan diantar ke rumah pelanggan.


Pelanggan benar-benar raja di toko Anda – Ini mungkin faktor yang membedakan Anda dari pesaing Anda.

Pengembalian lintas saluran

Dalam pengoperasian bisnis Anda, Anda akan menghadapi masalah yang tidak diinginkan tetapi tidak dapat dihindari: Pengembalian dan pengembalian uang. Jika pelanggan tidak menyukai produk di toko Anda, apakah ada cara untuk menghemat penjualan ini? Solusi POS Multisaluran dapat mengambil data dari titik mana pun dalam sistem untuk memastikan proses pengembalian dan pengembalian dana yang cepat dan nyaman.


Mari kita pikirkan sebuah contoh: Seorang pelanggan yang membeli barang mereka secara online dapat membawanya ke toko untuk dikembalikan. Staf penjualan Anda kemudian dapat memperbarui item dalam sistem inventaris, memastikan bahwa buku besar inventaris selalu benar. Staf juga dapat membuka akun pelanggan dan memberikan pengembalian dana ke kartu mereka, sebagai poin hadiah, atau sebagai diskon di masa mendatang.


Jelas bahwa sistem pengembalian yang baik akan membantu bisnis dan pelanggan. Pelanggan yang puas dengan proses pengembalian Anda dapat kembali ke toko Anda di masa mendatang. Solusi POS Omnichannel tidak hanya mampu mengamankan penjualan, tetapi juga mampu mengamankan loyalitas merek.

Pemanfaatan perjalanan pelanggan (Customer Journey)

Dalam bidang ritel yang terus berkembang, perjalanan pelanggan merupakan salah satu aspek yang akan menentukan keberhasilan atau kegagalan. Sistem Multisaluran yang baik akan mengumpulkan data pelanggan di semua saluran Anda untuk menciptakan pengalaman yang mulus, terpadu, dan unik bagi pelanggan mana pun. Menawarkan pelanggan berbagai cara untuk mengakses, membeli, dan menerima produk mereka. Selain itu, staf penjualan di toko fisik Anda dapat melihat perjalanan pelanggan dengan merek dan mendekati pelanggan dengan perspektif holistik.


Solusi POS Multisaluran memungkinkan staf Anda mengakses profil pelanggan, riwayat pembelian mereka, dan data sosial offline dan online lainnya. Ini akan membantu staf memahami sepenuhnya minat dan harapan pelanggan itu. Mengetahui bahwa pelanggan telah melakukan beberapa penelitian sebelum pergi ke toko dapat membantu mengamankan kepercayaan dan kepuasan mereka. Membuat rekomendasi yang relevan kepada mereka adalah salah satu cara untuk meningkatkan pengalaman di dalam toko mereka, berkontribusi pada kunjungan yang menyenangkan.


Misalnya, pelanggan telah meninggalkan barang di keranjang belanja online mereka sebelum datang ke toko. Staf Anda dapat membantu pelanggan mencoba barang-barang tersebut dan menyelesaikan pesanan online mereka. Jika staf melihat bahwa pelanggan sedang mencari item secara online, mereka dapat menyarankan produk yang mirip dengan minat pelanggan. Mereka dapat mengingatkan pelanggan tentang poin promosi atau hadiah di akun mereka sehingga mereka dapat menggunakannya untuk membeli lebih banyak produk.

Catatan tentang peran staf

Terlepas dari model ritel, staf adalah salah satu faktor kunci keberhasilan. Mereka adalah bagian penting dari pengalaman pelanggan ketika pelanggan mengunjungi toko Anda. Staf penjualan yang membantu dan bersemangat tentang pekerjaan mereka akan membantu mengamankan pelanggan dan membuat kunjungan mereka jauh lebih menyenangkan.


Pengalaman berbelanja yang baik bagi pelanggan membutuhkan lebih dari sekedar keterampilan sosial yang baik. Staf Anda perlu memahami dan menggunakan setiap fitur dari POS Solution. Sistem Multisaluran adalah jaringan kompleks yang membutuhkan waktu untuk dipelajari. Pastikan staf Anda memiliki pelatihan yang memadai dan merasa nyaman menggunakan sistem. Bantu mereka memahami tujuan model Multisaluran dan bagaimana model itu dapat membantu mereka.


Di sisi lain, Anda perlu mempertimbangkan bahwa pelanggan mungkin telah melihat Anda secara online sebelum pergi ke toko Anda. Penelitian online mereka harus tercermin dalam kunjungan mereka: Memiliki pesan yang koheren di semua saluran adalah yang paling penting. Staf Anda harus memberikan informasi yang sama seperti toko online Anda, dengan dedikasi dan semangat.


POS Multisaluran dapat membantu Anda mengintegrasikan belanja online dan offline, tetapi hanya sebatas kemampuan sistem dan staf Anda.

Jadi apa poin kunci take away?

Solusi POS Multisaluran adalah alat yang tepat untuk menjembatani kesenjangan layanan online-offline. Ini menciptakan pengalaman yang mulus bagi pelanggan dan cara yang nyaman bagi bisnis untuk mengelola operasi. Untuk memanfaatkan sepenuhnya, pengecer harus memiliki sistem yang baik dan staf yang cakap.


Posting Komentar

0 Komentar