5 Tips Interview Kerja Yang Sepele Tapi Sering Diremehkan


Terkadang interview kerja menjadi momok mengerikan, bahkan untuk saya sendiri. Di beberapa kesempatan saya sudah berkali kali menjalani lebih dari 5 interview kerja dan diantaranya saya selalu ditolak dan gagal dalam interview kerja. Pada dasarnya ada beberapa tips interview kerja yang mungkin bisa membantu anda dalam menjalani sebuah wawancara kerja.

Seringkali hambatan terbesar saat melakukan interview kerja keluar dari diri kita sendiri. Di beberapa kesempatan saat melakukan interview kerja, saya menyimpulkan bahwa kita terlalu fokus pada interview, dan tidak sempat untuk mengeksplor lebih jauh diri kita sendiri sehingga kita tidak mengetahui potensi diri kita sendiri.

Nah untuk itu gimana sih cara menghadapi dan apa saja sih tips interview kerja yang sebenarnya bisa dikatan sepele tapi jarang diperhatikan? Baca sampai selesai ya, blog pejuangkarir akan membahasnya satu persatu.

Kenali Diri Sendiri Sebelum Interview

Memang terdengar saat klise dan tidak membantu. Saat beberapa tahun lalu saya diberi masukan oleh beberapa dosen dan guru saya, mengenai hal ini saya hanya cuek dan menganggapnya sebagai angin lalu.

Kenapa mengenali diri sendiri itu penting? Bagaimana cara untuk mengenali diri sendiri?

Anggaplah anda yang ingin bekerja di sebuah perusahaan melihat diri ada dari kacamata orang lain. Apakah jika anda menjadi pewawancara akan merekrut anda dengan kemampuan anda yang sekarang? Adakah kekurangan dalam diri anda yang akan berdampak buruk dalam kinerja perusahaan? 

Apakah anda punya etos kerja yang tinggi? punya dedikasi yang tinggi, punya tanggung jawab yang besar? Jika tidak mengenali diri sendiri tentu kita tidak bisa menjawab pertanyaan ini, gunakan juga sebagai pelajaran untuk menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

Sebelum berangkat ke sebuah interview atau wawancara kerja hendaknya ketahui dulu, tujuan hidup, motivasi, dan visi pribadi, dan jadikan itu sebuah selling point atau kekuatan saat menghadapi interview.

Membaca Job Description / Deskripsi Pekerjaan

Membaca deskripsi pekerjaan itu sangat penting, paling tidak tahu dimana dan di posisi apa anda akan bekerja. Ini adalah hal yang sangat sepele bagi saya khususnya, tapi ternyata efeknya besar. Logika sederhananya adalah lebih kecil kemungkinan dari pewawancara untuk menerima orang yang bahkan malas untuk membaca deskripsi pekerjaan yang dia lamar.

Dengan mengetahui deskripsi pekerjaan yang dilamar, kita juga bisa membangun penjelasan yang lebih baik, misal menghubungkan visi dan misi hidup kita dengan deskripsi pekerjaan. Atau menjelaskan pengalaman yang sudah kita lakukan sebelumnya, yang akan sangat berguna di pekerjaan yang akan dilamar.

Jadi jangan sampai terlewat untuk membaca deskripsi pekerjaan.

Berpenampilan Rapi 

Penampilan memang bukan yang utama tapi semua berawal dari penampilan. Saya tidak berbicara mengenai pakaian mahal, branded dan keren. Penekanan saya disini adalah rapi. Penampilan rapi tentu akan menjadikan sebuah poin plus, untuk kita. Penampilan rapi bisa menjadikan diri kita menjadi lebih nyaman, dengan nyaman kemudian bertambah tenang dalam hal pembawaan.

Selain itu dengan penampilan yang rapi kita juga akan terlihat lebih profesional. Penampilan rapi itu seperti rambut rapi tidak gondrong dan acak - acakan, kemudian baju tidak kedodoran, hal - hal kecil lainnya yang menyebabkan kita menjadi tidak rapi.

Skill Komunikasi

Saya sendiri pada awalnya adalah seseorang yang kesulitan dalam hal komunikasi, bisa dibilang saya sangat introvert. Skill komunikasi ini bisa dilatih dan dikembangkan, jadi tenang saja jika anda semua merasa masih kurang dalam berkomunikasi silakan kembangkan dan berlatih. 

Caranya bagaimana? 

Ada satu cara yang paling efektif dan efisien, yaitu dengan cara praktek!

Tidak ada cara cepat lain, yang bisa dilakukan untuk mengembangkan skill komunikasi adalah dengan cara melakukan komunikasi. Sering - sering bercerita dengan teman, orang yang belum kenal dan yang baru ditemui dijalan, semua orang dari tua, muda, pria, wanita, anak kecil. Ajaklah berkomunikasi untuk meningkatkan skill komunikasi. 

Atau jika ada rejeki lebih boleh mengikuti seminar - seminar berbayar, disana anda akan bertemu orang - orang yang sangat jago berkomunikasi. Amati dan tiru agar skill anda menjadi baik, jangan lupa modifikasi untuk sesuaikan dengan kepribadian diri anda sendiri.

Proses wawancara kerja bertujuan untuk mengetahui potensi dalam diri salah satunya adalah skill komunikasi, jika kita tidak berkomunikasi mana mungkin kita akan diterima, karena kebanyakan pekerjaan dilakukan dalam tim yang membutuhkan skill komunikasi yang baik.

Positif

Jujur saja kita sering merasa tidak nyaman disekitar orang yang sering sekali mengeluh. Memang dibeberapa kesempatan mengeluh itu hak dan bukan masalah yang besar, atau itu merupakan tanda untuk mencari pertolongan atau bantuan.

Tapi jika terlalu sering maka hal itu menjadi tindakan yang menurut saya negatif atau kurang positif. Perbaiki sifat - sifat negatif agar menjadi kebiasaan kita menjadi lebih positif. Hindari pikiran - pikiran negatif dan usahakan menjawab pertanyaan dengan pernyataan yang positif, jangan menjawab pertanyaan dengan kata "saya tidak suka bla bla bla".

Pantang Menyerah dan Tetap Berlatih 

Kalian harus mengakui dan segera move on jika memang harus gagal pada tahap interver. Segera berjalan kedepan dan mempersiapkan intervew selanjutnya jika memang gagal dalam proses interview, jangan menyerah begitu saja. 

Kesimpulan 

Kita tidak pernah tahu bahwa pekerjaan akan datang kapan dan dimana, kita hanya perlu berusaha dan menerapkan cara - cara dan strategi terbaik kita seperti yang sudah dibahas diatas. Jadi bagaimana menurut pendapat kalian? kalian bisa tulis komentar dikolom komentar ya? atau jika kalian menganggap artikel ini berguna silakan share ya? Terimakasih.

Baca Juga Artikel :

Posting Komentar

0 Komentar