Cara Jualan Online Di Shopee [Update 2019]

Sumber : Homepage Shopee 
Berjualan online merupakan salah satu bisnis online yang sangat digemari di jaman digital sekarang ini. Selain mudah untuk memulainya jualan online juga tidak memudahkan modal dan usaha yang banyak. Salah satu marketplace yang menyediakan fasitilitas jual-beli online di indonesia adalah shopee.

Shopee adalah salah satu marketplace online berasal dari singapura di bawah SEA Group yang sebelumnya dikenal sebagai nama Garena. Shopee merupakan salah satu marketplace yang menjalankan bisnis model customer to customer, tapi semakin berkembang sudah mulai menerapkan model bisnis Business to Customers model juga.

Jika berbicara pasar online di Indonesia, Shopee juga merupakan salah satu dari 5 online marketplace terbesar, bersama dengan tokopedia, bukalapak, lazada, dll. Bisa dibilang peminat dan pengguna shopee di Indonesia cukup besar.

Selain itu shopee juga mendukung model bisnis dropshipping, dengan kata lain mendukung para pelaku usaha kecil dan menengah untuk berjualan dengan sistem bisnis dropshipping ini.

Kenapa Jualan Online Di Shopee?

Sebenarnya sebagai seorang yang ingin berjualan online, kita seharusnya tidak kaku hanya memilih satu online marketplace. Sedikit penjelasan kenapa shopee bisa dijadikan salah satu pilihan dari beberapa marketplace online di indonesia.

Banyak Pengguna - Salah satu kelebihan dari shopee adalah pengguna. Harus kita akui indonesia memang masih termasuk salah satu negara berkembang tapi sangat konsumtif. Salah satu pasar terbesar dari shopee ini adalah indonesia. Shopee berada di peringkat ke tiga menurut sampai pertengan 2018 lalu, menurut artikel yang dirilis oleh kata.co.id

Sudah pasti dengan melihat fakta tersebut kita patut mencoba platform shopee, karena pengguna sudah tidak diragukan lagi pasti sangatlah banyak.

User Friendly - Apa yang dimaksud dengan user-friendly disini?  user-friendly adalah kemudahan yang diberikan kepada sistem dalam hal ini shopee kepada pengguna, atau istilah mudahnya mudah digunakan, mudah dipakai. Menurut saya bahkan orang yang belum pernah menggunakan shopee, bisa dengan mudah untuk menggunakan aplikasi ini.

Multiplatform - Kelebihan lain dari shopee adalah shopee bisa digunakan di perangkat mobile dan dekstop. Dengan kata lain sobat semua bisa menggunakan smartphone android, IOS ataupun komputer dan laptop.

Customer Support - Tidak perlu khawatir dengan segala sesuatu yang tidak jelas, karena CS di shopee ini menurut saya sangat responsif dan pelayanannya juga sangat baik. Berdasarkan dengan pengalaman saya selama kurang lebih 2 tahunan, saya belum pernah kecewa dengan layanan customer support (cs) dari shopee.

Pilihan Pembayaran Banyak - Khusus untuk pembeli, jangan khawatir untuk belanja di shopee karena ada banyak pilihan pembayaran di shopee, menggunakan kartu kredit, rekening bank atau merchant seperti alfamart dan indomaret juga melayani pembayaran di shopee.

Jadi bagaimana sobat? cukup menggiurkan bukan berjualan online di shopee? 

Langsung saja kita bahas bagaimana cara berjualan di shopee.

Cara Berjualan Di Shopee 

Sebelum mengetahui cara berjualan di shopee kita harus mengetahui terlebih dahulu semua peraturan penting yang dimiliki oleh shopee. 

Kenapa harus tahu? 

Tentunya agar kita tidak melanggar peraturan yang diberikan oleh shopee. Kita harus memastikan kita mengikuti peraturan yang diberikan. Biasakan untuk membaca segala peraturan, kebijakan, yang ada di internet, terutama jika terkait dengan transaksi jual-beli. 

Peraturan shopee lengkap bisa kalian baca di website shopee, di artikel ini kita akan membahas poin penting saja yang harus diperhatikan, diantaranya :
  • Barang yang dilarang dijual di shopee, contoh : benda tajam, cairan berbahaya, dan semua barang yang melanggar hukum (kriminal di indonesia).
  • Barang yang duplikat atau peniruan.
  • Artefak dan barang antik yang bernilai sejarah.
Untuk lebih jelasnya silakan sobat langsung baca semua peraturan yang ada di shopee, tidak akan lama untuk membaca semua peraturannya. 

Membuat Akun Shopee Melalu Web Browser 

Ada dua cara membuat sebuah akun shopee yaitu melalui website dan aplikasi mobile. Pertama kita akan membahas pembuatan akun shopee melalui web browser, dengan mengikuti langkah sederhana berikut ini.

Buka browser anda - Setelah membuka browser silakan kunjungi halaman shopee (ketikan shopee di google search engine). Kemudian pilihlah "daftar" di bagian atas kanan pojok.

homepage shopee

Isikan form pendaftaran -  Mengisi form pendaftaran seperti nama, alamat email, nomor telepon, dll. Semakin lengkap semakin baik. 
form pendaftaran akun shopee



Jika ingin mendaftarkan dengan email bisa klik "daftar melalui email" dan isikan semua yang perlu diisikan di form pendaftaran.

pendaftaran shopee via email
Saran dari saya adalah mendaftar melalui nomor telepon / no hp kemudian baru dilengkapi dengan email ketika sudah berhasil membuah sebuah akun shopee.

Lengkapi Data Toko - Sebelum melakukan penjualan di shopee sebaiknya mengisi profil dahulu agar toko kita terlihat profesional. Bisa dilihat di bagian kanan atas Nama Akun > Akun Saya , setelah itu lengkapi semua data yang ada seperti nama toko dan alamat. 

profil shopee

Selain itu sobat semua juga harus melengkapi akun dibagian seller shopee, untuk masuk ke menu tersebut bisa klik menu jual dibagian kiri atas setelah itu pilih pengaturan. yang perlu diisi adalah :

  • Profil toko
  • Jasa Kirim 
  • Alamat Saya
  • Kartu / Rekening Bank
Rekening bank disini digunakan untuk penarikan dana masuk ke shopee. Pastikan nomor hp aktif karena mengharuskan verifikasi melalui no hp dan juga diharuskan membuat pin shopee (jangan sampai lupa pin shopee).

Profil Toko Shopee
Upload Produk Pertama - Anda bisa masuk ke bagian seller shopee melalui web browser. Kemudian pilih menu produk saya > Tambah Produk Baru.


Kemudian isi nama produk dan sesuaikan dengan kategori yang disediakan oleh shopee, kemudian klik "lanjut". Tampilan berikutnya adalah tampilan informasi produk yang berisi mengenai informasi seperti foto produk, deskripsi, berat barang dan lain - lain. Silakan isi lengkap (jika ada tanda * harus diisi). Jika sudah selesai bisa langsung pilih simpan dan tampilkan. Maka barang jualan anda akan segera tampil.


Membuat Akun Shopee Melalui Aplikasi Android 

Sebenarnya langkah yang dilakukan sama saja seperti membuat akun shopee di web browser. Tapi pembuatan akun di android ini terlihat lebih mudah, karena memang shopee lebih mengutamakan aplikasi android dan IOS, karena memang target mereka adalah pengguna aplikasi mobile.

Install Shopee di Smartphone - Untuk pengguna android silakan buka playstore dan untuk pengguna IOS silakan buka appstore dan cari shopee. setelah itu klik "install".

Daftar dan login ke shopee - Jika anda sudah melakukan mempunyai akun shopee silakan langsung login di menu "login". Jika belum silahkan mendaftar dengan klik "daftar".

Isi Data Lengkap - Untuk menjadi penjual di shopee, memang harus melengkapi data - data yang diperlukan, seperti Alamat pengiriman, nama toko, dan rekening bank (untuk withdraw dan penarikan dana). Silakan isi data dengan selengkap - lengkapnya.

Upload produk dan mulai berjualan - Menurut saya untuk upload produk di smartphone dalam skala banyak akan lebih susah dibandingkan dengan di dekstop. 

Kesimpulan 

Jadi shopee merupakan sebuah marketplace online yang memberikan peluang bagi para pengusaha kecil untuk mendapatkan pasar online dengan memberikan tempat berjualan online. Kita hanya perlu mempunyai akun shopee yang dengan mudah dibuat agar bisa berjualan online di shopee.

Tentunya faktor - faktor seperti foto produk yang menarik, kemudian kualitas produk yang dijual juga menjadi faktor yang menentukan laris tidaknya jualan online kita di shopee. Jadi sudah siap mencoba berjualan online di shopee? 




Posting Komentar

0 Komentar