7 Ide Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan Untuk Pebisnis


Ide bisnis rumahan sebenarnya tidak ada habis - habisnya jika dipikirkan. Banyak sekali ide bisnis  rumahan yang menguntungkan dan sangat layak untuk dijalankan. Sebagai contoh bisnis sampingan dan pekerjaan sampingan yang pernah kita bahas sebelumnya di blog pejuang karir, yang membahas berbagai macam bisnis yang bisa dijalankan diwaktu senggang untuk mendapatkan penghasilan tambahan, yang bahkan di beberapa kasus bisa mendapatkan profit yang besar.

Nah kali ini kita akan membahas mengenai ide bisnis rumahan yang menguntungkan yang bisa anda jalankan.

Kunci Sukses Menentukan Ide Bisnis Rumahan 

Sebelum itu kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu bisnis rumahan. Jadi bisnis rumahan adalah sebuah bisnis yang bisa disebut dengan bisnis kecil. Bisnis yang hanya bermula dari rumah, kos- kosan ataupun bisa dibilang dengan home industri.

Menentukan bisnis dari ide yang kita dapat tidak sesulit yang dibanyangkan, sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menentukan ide bisnis tersebut, yaitu : 
  • Pangsa pasar : Kira - kira bisnis kita akan ada peminatnya tidak, apakah banyak peminat atau tidak.
  • Sumber Daya : Sumber daya yang dimaksud disini adalah bisa berupa sumber daya manusia dan bahan baku, apakah susah dicari, atau tidak.
  • Strategi Pemasaran : Setelah mempunyai produk, jelas kita harus memasarkan produk tersebut, menentukan strategi pemasaran harus sesuai dengan pasar yang ditarget oleh bisnis anda.
  • Tingkat persaingan : Lihat sekeliling anda, apakah sudah banyak bisnis dan usaha serupa di daerah anda? Jika sudah banyak apa yang membuat anda berbeda dari mereka, kelebihan apa yang anda tawarkan?
Beberapa hal diatas bisa dijadikan sebagai pedoman saat anda akan menentukan jenis bisnis rumahan apa yang paling cocok bagi anda. Poin pertama dan kedua diatas merupakan dua poin utama yang menurut saya pribadi adalah penting, karena bisa melihat potensi bisnis rumahan yang anda jalankan.

Kalau begitu langsung saja ya kita lihat ide bisnis rumahan yang sudah disusun oleh tim pejuang karir berdasarkan dengan potensi bisnis yang ada.

1. Jual Jus Buah

Sekitar 10 tahun yang lalu, saya adalah salah satu orang yang meremahkan usaha jus buah, atau minuman di pinggir jalan. Dan ternyata sekarang banyak sekali bisnis minuman waralaba yang sukses disekitar tempat tinggal saya, banyak cabang, banyak pelanggan dan tentunya banyak penghasilan.

Nah, jika dilihat dari peminatnya jus pasti akan selalu ada peminatnya, namun persaingannya juga tinggi karena sudah banyak sekali bisnis serupa. Tinggal bagaimana strategi anda untuk bersaing, seperti bermitra dengan gojek untuk pengantaran misal, atau menggunakan fasilitas google, pokoknya harus memutar otak untuk tetap bersaing. Begitulah pebisnis bekerja, bukan? 

2. Bisnis Laundry 

Source : Unsplash

Bisnis ini sangat banyak dilakukan disekitaran lingkungan kos - kosan baik kosan pekerja maupun mahasiswa. Walaupun terhitung banyak yang melakukan usaha laundry, bisnis ini masih layak dijalankan lho. Karena memang kebutuhan laundry sangat dibutuhkan oleh banyak orang. 

Persaingan dari usaha laundry adalah harga, kecepatan, dan kualitas. Jika anda berhasil menggunakan kelebihan di salah dua saja maka akan ada cukup pelanggan yang akan datang di tempat anda. Anda juga bisa menambah pelayanan cuci sepatu, atau helm, jika sumber daya ada mampu.

3. Kerajinan Tangan handmande

kerajinantangan-pejuangkarir
Source : Unsplash

Saya punya seorang teman yang sangat kreatif. Dia bisa membuat barang apa saja dari bahan - bahan yang jika kita lihat, bahan tersebut bisa dibilang tidak berguna. Jika anda bisa membuat kerajinan tangan seperti ini, bisa jadi itu merupakan sebuah peluang yang patut anda coba.

Kelebihan dari usaha ini adalah bahan dan harga produksi yang murah namun membutuhkan ketekunan dan beberapa tools, tapi ada beberapa juga kelemahan seperti lama pembuatan atau produksi dan pasar atau peminat. Tapi bagaimanapun juga tidak ada salahnya untuk mencoba peluang usaha yang satu ini.

4. Warung Kelontong 

warung-kelongtong-pejuangkarir
Source : Unsplash

Warung kelontong di kota - kota besar sudah sangat ditemui, apalagi di area perumahan. Sebenarnya ini bisa juga menjadi sebuah peluang usaha. Tapi memang harus diakui bahwa warung kelontong sekarang harus bersaing ketat dengan minimart besar. Warung kelontong ini menjadi pilihan ide bisnis jika tempat tinggal anda, ada di lingkungan perumahan yang cukup besar dan masih sedikit jauh dari pusat - pusat perbelanjaan yang ada.

5. Konter Pulsa 

Sebenarnya saya bingung dengan bisnis konter - konter pulsa yang tersebar sangat banyak di mana - mana. Dan ternyata setelah sempat berbincang dengan beberapa pemilik konter pulsa atau servis handphone ini, mereka berpenghasilan yang cukup banyak lho. Jadi jika rumah anda, atau tempat tinggal anda memungkinkan untuk bisa membuka konter, silakan saja gunakan kesempatan ini untuk memulai bisnis konter pulsa ini.

6. Food Truck

Beberapa tahun ini food truck ini cukup populer di indonesia, konsepnya adalah berjualan diatas mobil secara berpindah - pindah, sangat cocok untuk anda yang ingin menargetkan pasar yang ramai namun tidak memiliki tempat yang tetap.

Food truck sendiri merupakan bisnis yang sangat populer di luar indonesia, dan sebenarnya beberapa contoh bisnis seperti maicih awalnya juga menerapkan model bisnis seperti ini, hingga akhirnya sekarang dijual di berbagai tempat.

Produk yang dijual biasanya adalah makanan - makanan cepat saji dan minuman cepat saji, dan menunya pun tidak sebanyak jika anda berjualan di tempat yang tetap. Saat ini banyak foodtruck yang dihias menggunakan berbagai tema dan konsep sehingga lebih menarik, banyak foodtruck menggunakan desain wallpaper dinding yang menambah keunikan bisnis satu ini. 

7. Berjualan Online

Perkembangan teknologi sekali lagi menciptakan banyak sekali peluang usaha dan bisnis yang patut untuk dipertimbangkan, salah satunya adalah berjualan online. Banyak sekali cara berjualan online yang bisa dilakukan, mulai dari membuat website sendiri atau berjualan di marketplace yang sudah tersedia seperti shopee, tokopedia, bukalapak, dll.

Untuk yang baru memulai berjualan online akan lebih baik jika berjualan di marketplace yang sudah ada, selain mudah untuk memulai berjualan di marketplace online tentunya memiliki keuntungan lebih karena kita tidak harus mencari pengunjung. Kita hanya perlu membuat tampilan produk yang bagus dan langsung berjualan.

Bahkan saat ini hampir semua barang bisa dijual secara online. Sebagai contoh ada yang menjual alat masak titanium, bahkan sampai berjualan online alat berat secara online. 

Kesimpulan Ide Bisnis Rumahan 

Ide bisnis rumahan terbaik adalah ide bisnis yang benar - benar dijalankan. Sebagai seorang pebisnis kita seharusnya berani mengambil resiko dan tentunya harus melakukan action, bukan hanya membayangkan tapi harus benar - benar dijalankan.

7 ide bisnis yang sudah disebutkan diatas tidak berarti apa - apa jika anda sendiri tidak segera mewujudkannya ke dalam bisnis yang sesungguhnya. 

Trial dan error perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menjalankan bisnis, untuk mengurangi tingkat errornya maka 7 ide ini kami tulis hanya untuk anda, sisanya silakan anda jalankan sebaik mungkin dengan strategi yang anda punya.

Nah Bagaimana siap untuk memulai bisnis baru anda? atau masih perlu ide lainya? Bisa langsung share di kolom komentar ya kalau anda punya ide bisnis lainnya? 

Baca juga artikel : 

Posting Komentar

0 Komentar