6 Aplikasi Berita Bisnis Terbaik Di Android Dan IOS

Aplikasi Berita Bisnis Terbaik Di Android Dan IOS

Sesuai dengan kemajuan di dunia teknologi mengikuti berita - berita bisnis bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan aplikasi mobile, entah itu berupa aplikasi ataupun berada di web browser mobile. 

Tapi terkadang banyak sekali informasi yang tidak valid dan tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Apalagi pihak - pihak dan oknum yang memang sengaja menyebarkan berbagai berita hoax. 

Nah, untuk mengurangi konsumsi berita - berita yang bersumber dari ketidak jelasan tersebut, sebaiknya anda menginstall aplikasi berita yang memang sudah terpercaya dan memang sudah terbukti kualitasnya.

Di artikel kali ini blog pejuang karir, akan membagikan beberapa aplikasi berita terbaik versi android dan ios, dimana memang saya pribadi menggunakan portal berita tersebut.

Kategori Aplikasi Berita Bisnis Terbaik 

Sebelumnya kita coba bedah dahulu, seperti apa kategori berita bisa dibilang baik dan tidaknya. Jika dilihat dari segi aplikasi tentunya dilihat dari pengguna aktif, rating, dan tentunya kualitas berita yang disajikan.

Pengguna akftif - Kategori ini bisa dilihat disaat kita akan mendownload sebuah aplikasi baik di android maupun IOS. Bagaimana cara melihatnya? Silakan buka Google Play Store, kemudian ketikan nama aplikasi di kolom pencarian, setelah itu klik aplikasi tersebut, dan lihat di paling pojok kanan pasti ada jumlah download. Terlihat pada gambar di bawah
Jumlah Pengguna Aplikasi
Rating - Rating sebuah aplikasi adalah bentuk feedback atau tanggapan dari pengguna terhadap sebuah aplikasi, disini akan terlihat apakah aplikasi tersebut memuaskan di mata para pengguna atau tidak, biasanya aplikasi yang baik ratingnya lebih dari 3. Untuk melihat rating ini cukup mudah langkahnya, sama seperti melihat jumlah donwload tapi rating ini terdapat di sebelah pojok kiri.
Rating Aplikasi
Kualitas berita - Kualitas berita ini menurut saya setiap orang memiliki pandangan masing - masing yang berbeda, karena kita harus membaca dulu berita yang ada sehingga bisa menentukan kualitas berita dari masing - masing aplikasi. Saya kira penentuannya sama seperti saat kita melihat berita di media - media televisi, cetak, dan lain sebagainya.

1. Google News 

contoh-google-news

Salah satu portal berita dari google yang dibuat dalam bentuk aplikasi, yaitu Google News. Aplikasi berita yang satu ini saya gunakan sehari - hari karena berita dari seluruh penjuru dunia ada di google news ini.

Selain itu Google News memiliki kelebihan yang kita bisa memilih berita berdasarkan keinginan kita, misal berita ekonomi, teknologi, politik, dan sebagainya. Google juga menyebut bahwa Google News bisa disebut sebagai bentuk personalisasi dari minat berita pengguna akun google. Jadi ketertarikan anda pada berita apa google akan menebaknya dengan menyediakan berita - berita berkualitas.

2. Detik.com

detik.com
Jika ingin mencari berita update yang terjadi di tanah air salah satunya adalah detik.com. Awanya portal berita ini berada di platform website, tapi seiring dengan perkembangan jaman yang sangat cepat bukan hanya di website saja portal ini membuat aplikasi mobile di android dan IOS.

Pada tahun 2014, detik.com menjadi ranking 8 portal berita terpopuler di indonesia dan ranking 332 di seluruh dunia. Kira - kira jika dilihat page per view dalam sehari di detik bisa mencapai 16 juta, berarti pengunjungnya paling sedikit bisa mencapai 8 jutaan perhari.

Cukup populer bukan detik.com. Anda juga bisa melihat berita populer terupdate mulai dari berita ekonomi sampai dengan berita hiburan.

3. CNN Indonesia 

contoh-cnn-indonesia-pejuangkarir

CNN Indonesia merupakan salah satu publisher media yang dibawahi oleh Trans Media bekerjasama dengan Tuner Brodcasting System. Transmedia ini juga membawahi media detik yang sudah saya sebutkan di poin pertama.

Saya suka dengan tapilan yang diberikan oleh CNN Indonesia dan aplikasinya pun juga tidak berat dan hanya membutuhkan 20MB ruang memori. Selain itu untuk isi berita tentunya update, karena manajemen dari CNN Indonesia ini juga tidak main - main.

CNN Indonesi ajuga memiliki portal berita yang multi-plaftorm, selain bisa diinstall di aplikasi android dan IOS, CNN Indonesia juga mempunyai portal berita ber-platform website.

4. CNBC Indonesia 

contoh-cnbc-indonesia-pejuangkarir
CNBC Indonesia
Satu lagi raksasa media transmedia memiliki satu portal berita CBNC Indonesia yang merupakan hasil kerjasama dengan NBC Universal. CNBC adalah singkatan dari Consumer News and Business Channel Indonesia, yang merupakan portal berita yang membahas mengenai berita - berita ekonomi dan bisnis.

Untuk para pecinta berita ekonomi baik di dalam maupun luar negeri silakan bisa menginstall aplikasi ini baik di android maupun IOS. Berbeda dengan CNN Indonesia yang hanya fokus di berita di dalam indonesia, CNBC Indonesia juga menyediakan berita dari CNBC langsung.

5. Kompas 


Secara pribadi saya tidak menggunakan kompas untuk kegiatan sehari - hari saya, karena beberapa kali saya mencoba menggunakan aplikasi ini, ternyata sangat berat dan beberapa kali crash. Saya sudah mengirimkan feedback ke tim pengembang, dan mungkin kedepannya kompas menjadi lebih baik.

Kompas memiliki dua aplikasi mobile yaitu kompas.id dan kompas.com. Perbedaan keduanya mungkin terletak pada layanan berlangganan. Di kompas.id terdapat pilihan untuk berlangganan secara digital, dalam artian anda akan mendapatkan akses konten seperti koran kompas tapi secara online. Sedangkan untuk kompas.com lebih seperti komunitas dimana terdapat penulis tamu yang bisa menulis di portal kompas.com.

6. Kumparan

 
kumparan-contoh-pejuangkarir
kumparan news

Salah satu portal berita yang cukup populer di indonesia adalah kumparan. Kumparan ini bisa diibaratkan sebagai sebuah media kolaboratif, jadi anda bisa juga menulis artikel untuk kumparan. Tapi tetap kumparan memegang teguh kode etik jurnalistik dan tetap mengedapankan kualitas berita yang ditayangkan.

Kesimpulan 

Untuk bisa membaca berita terupdate dan terbaru memang bisa di platform apa saja, diatas sudah disebutkan 6 aplikasi mobile yang bisa dijadikan alternatif anda untuk mengupdate pengetahuan anda mengenai berbagai hal - hal yang terjadi.

Nah tapi kita juga harus cerdas untuk melihat berita yang tersebar online agar tidak terjebak dalam berita bohong atau yang biasa disebut dengan hoax. Ciri - ciri dari berita yang berkulalitas adalah adanya sumber, terkadang disertai data dari sumber yang valid

Jadi mana portal berita yang biasa anda gunakan? Bisa share pengalaman di kolom komentar ya? 

Baca juga : 

Posting Komentar

0 Komentar