Dropshipper : Pengertian Dropship Dan Cara Memulainya [Lengkap]


Dropshipper merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan di jaman digital sekarang ini. Selain mudah untuk dilakukan dan dijalankan, sebagai penghasilan online tambahan, bahkan beberapa orang yang sukses melakukan dopship dengan cara yang benar bisa menjadikan dropship sebagai penghasilan utama mereka.

Dropshipper juga merupakan salah satu bisnis online tanpa modal yang bisa dijadikan alternatif bagi pemula. Tapi sebenarnya apasih pengertian dropshipper? Sejarah dropshipper itu seperti apa? dan bagaimana cara memulai dropshipper dengan baik? kelebihan dan kekurangan dari dropshipper ini apa?

Pembahasan di artikel kali ini kita akan berbicara mengenai dropship dimulai dari pengertian, kelebihan dan kekurangan, cara kerja droship kemudian bedanya dengan reseller, juga di akhir artikel nanti kita akan membahas mengenai bagaimana memulai bisnis dropshipper ini.

Pengertian Dan Sejarah Dropshipper

Penemu dari sistem dropshipper sendiri masih belum jelas siapa, tapi bisa diketahui bahwa sistem dropshipper ini berkembang di Amerika Serikat sejak tahun 2006.

Pada awal sistem dropship ini berkembang pasar utama dari dropshipper berada di Amerika Serikat. Perkembangan E-commerce menjadi pemicu utama dari maraknya bisnis berjenis dropshipper ini.

Kemudian banyak perusahaan dropship di Amerika bergabung dengan supplier dan produsen dari China, karena perkembangan industri di China sangatlah cepat dan China merupakan pusat produsen sekarang siklus supplier dropship rata - rata berasal dari china.

Pengertian Dropshipper - Dropshipper merupakan sebuah sistem jual-beli dimana penjual (retailer), tidak menyimpan stok produk alih alih langsung mengirimkan pesanan pembeli dengan menggunakan nama mereka, pihak pengirim (produsen) mengirimkan barang atas nama penjual.

Cara Kerja Dropshipper

Cara kerjanya bisa dianalogikan dengan kasus berikut :

Toko A (Dropshipper) menjual make-up dan produk kecantikan, kemudian pembeli membeli barang di toko A, kemudian Toko A menghubungi Produsen make-up dan produk kecantikan dimana produsen tersebut langsung mengirimkannya ke pembeli dengan nama Toko A.

Analoginya adalah seperti itu atau bisa lihat bagan berikut :

Proses transaksi dropshipping


Semua bisnis online mempunyai kelemahan dan kelebihan, mari kita bicarakan mengenai kelemahan dan kelebihan dari menjadi dropshipper.


Keuntungan Menjadi Dropshipper

Ada beberapa yang menjadi keuntungan jika sobat semua menjadi seorang dropshipper, diantaranya :

Minim Modal - Seperti yang telah disampaikan bahwa peluang bisnis online dropshipper merupakan salah satu jenis peluang usaha yang bisa dibilang mempunyai modal sangat minim. Tentunya sebagai seorang pemula kita harus meminimalisisr modal bukan?

Kenapa bisa begitu?

Dengan sistem dropshipping ini, kita tidak perlu membeli terlebih dahulu barang yang hendak kita jual, hal ini juga yang membedakan sistem dropshipping dengan reseller.

Sangat Mudah Memulai Bisnis Dropshipping - Memulai bisnis dropshipping atau menjadi dropshipper ini sangat mudah, nanti akan kita bahas lebih lanjut ya jangan khawatir, kita tidak perlu repot - repot memikirkan berbagai hal seperti :
  • Modal banyak
  • Biaya Sewa Tempat
  • Memikirkan Pengiriman dan Biaya Kirim
Hal - hal seperti itu tidak akan menjadi penghabat dalam memulai bisnis dengan sistem ini. Kita hanya perlu fokus berjualan dan bagaimana cara menggait pembeli alias marketing.

Bekerja Dimana Saja Dan Kapan Saja - Jika ada suatu hal yang paling saya gemari dari melakukan dropshipping adalah Fleksibel. Anda bisa melakukannya di sela - sela istirahat kantor, atau anda bisa melakukan bisnis ini saat berlibur, selama masih ada koneksi internet, kenapa tidak? Selain itu untuk melakukan import barang china tidak perlu pusing memikirkannya. 

Kelemahan Menjadi Dropshipper

Tentunya segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti tidak ada yang sempurna 100%, jika ada kelebihan maka pasti ada kelemahan. Kita bahas kelemahan dari sitem dropshipping ini.

Keuntungan yang kecil - Harus diakui sebagai seorang dropshipper kita tidak mungkin membuat margin keuntungan yang terlalu besar, kenapa? Karena itu akan mengurangi kesempatan kita untuk bersaing dengan produsen menjadi berkurang.

Stok - Jadi gini, saya sendiri adalah pelaku bisnis dropshipping sudah beberapa waktu berjalan. Ada beberapa hal yang selalu menjadi kendala dalam menjalankan sistem dropshipping ini, yaitu stok produk.

Kita akan mengalami kesulitan mengupdate stok produk, karena harus menanyakan apakah produk masih tersedia secara langsung kepada produsen. Ada baiknya untuk bekerja sama dengan brand seperti nilfisk misalnya yang menawarkan menjadi distributor resmi. 

Permasalahan Tambahan - Biasanya untuk pemula ada beberapa masalah yang sering muncul, berdasarkan pengalaman saya pribadi yaitu terlalu banyak supplier atau produsen.

Bayangkan jika pembeli dari toko kita ini membeli dari toko kita, pembeli membeli banya barang sekaligus tapi dari berbagai supplier yang berbeda, apa yang akan terjadi?

  • Kita akan rugi di ongkos kirim.
  • Barang tidak akan sampai di pembeli secara bersamaan (setiap produsen tidak mungkin mengirim secara bersamaan).

Untuk itu saran untuk yang mau memulai dropship disarankan hanya menggunakan maksimal 3 supplier atau produsen.

Bagaimana Cara Untuk Memulai Bisnis Dropshipping?

Seperti yang sudah dijelaskan berkali - kali bahwa memulai bisnis dropship ini sangatlah mudah. Jika kalian bisa membuat website jual-beli kalian bisa membuat website tersebut, kemudian memulai dropship di website.

Bagi sobat yang tidak bisa membuat website jangan khawatir banyak marketplace yang bisa digunakan untuk melakukan dropship. Sebagai contoh, shopee, tokopedia, bukalapak, dll.

Anda tinggal buat akun disana dan langsung mulai jualan. Kapan - kapan akan saya buat satu persatu artikel cara berjualan di marketplace. Tapi untuk bisa sukses berjualan online anda harus memiliki attiude atau sikap pantang menyerah, selalu mau belajar hal baru dan tidak loyo.

Kenapa?

Menjadi dropshipper juga tidak semudah yang dibayangkan, konsistensi dan persistensi harus anda miliki. Semua bisnis membutuhkan yang namanya konsistensi dan persistensi.

Kesimpulan

Sistem Dropshipping atau mulai menjadi seorang Dropsshipper merupakan pekerjaan yang mudah karena dropshipping ini merupakan peluang bisnis yang sangat mudah untuk dimulai. Sulitnya adalah untuk konsisten.
Pertanyaan selanjutnya adalah “beranikah anda mencoba?” Selamat Mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar