Beberapa waktu yang lalu saya sudah menulis tentang motivasi dan tips sukses dari usaha dan pekerjaan sampingan di blog pejuang karir ini. Sebelumnya kita hanya membahas secara umum mengenai apa yang dibutuhkan untuk sukses dari pekerjaan dan usaha sampingan, nah disini kita akan membahas lebih jauh mengenai jenis - jenis pekerjaan dan usaha yang bisa dijadikan salah satu sumber penghasilan tambahan.

Jenis - Jenis pekeraan dan usaha sampingan yang bisa dilakukan selagi anda sibuk bekerja, kuliah, dan melakukan kegiatan sehari - hari anda sebenarnya sudah cukup banyak. Selain itu jaman sekarang ini teknologi sudah sangat maju, anda bisa melakukan pekerjaan dan usaha sampingan bermodalkan internet.

Jenis pekerjaan dan usaha sampingan yang kami list di artikel kali ini merupakan kumpulan dari hasil sharing dari para pelaku pekerjaan dan usaha sampingan yang pernah saya temui dan ditambah dari beberapa sumber yang ada, sehingga diharapkan membantu anda untuk memberikan informasi yang lengkap.

Baiklah langsung kita mulai satu persatu mengenai apa saja sih daftarnya.

Start.
Sumber : unsplash.com

1. Freelance Writer

Bagi anda yang punya hobi menulis mungkin penghasilan tambahan bisa didapatkan dari menulis, salah satunya cara adalah menjadi freelance content writer. Menulis memang bisa dibilang susah - susah gampang, menulis memang gampang, akan menjadi sulit adalah menulis dengan menarik minat membaca, apalagi di jaman yang serba digital dimana video streaming sudah banyak beredar di internet.

Tentunya tulisan menarik akan menjadi keuntungan tersendiri bagi anda yang ingin terjun di dunia freelance content writer. Bagi yang baru memulai ada baiknya jika fokus pada satu tema, misal bisnis, atau game, atau teknologi, tapi jika ingin menulis di semua tema terserah, itu hanya sebuah saran agar lebih paham dengan tema, sehingga bisa mengeksplor lebih jauh setiap tema.

Untuk tempat dimana bisa apply sebagai freelance content writer, anda bisa mencari forum - forum di facebook, carilah forum blogger, nah sebarkan artikel terbaik anda disitu dan tawarkan jasa anda.

Selain itu ada website seperti freelancer, upwork, dan lain - lain, yang bisa digunakan untuk mencari lowongan untuk freelance content writer, tapi website tersebut kebanyakan berbahasa inggris, jika anda pintar menulis menggunakan bahasa inggris bisa dijadikan alternatif.

2. Menjadi Dropshipper dan Reseller

Salah satu bentuk usaha sampingan yang sangat mudah untuk dimulai dan usaha dengan modal yang minim adalah dropshipper dan reseller. Kenapa saya bilang sangat mudah? Ya karena saya sudah mencoba dan dibandingkan dengan pekerjaan dan usaha sampingan lainnya droppshipping dan reselling adalah pekerjaan yang paling mudah.

Jika kalian ingin mengetahui cara dropship lengkap dan sukses bisa kalian buka artikel sebelumnya dari blog pejuangkarir ini. Banyak juga yang menggunakan jasa kirim barang dari china untuk menjual kembali barang - barang dari luar negeri. 

Selain kita bisa lebih bebas memakai waktu luang kita, karena waktu luang tidak termakan banyak, kita juga tidak usah memikirkan gudang sebagai tempat penyimpanan. Bisa dibilang kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa tempat, dan lain - lain. 

Jenis usaha yang satu ini juga sangat cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga. Bermodalkan koneksi internet dan sebuah smartphone ibu rumah tangga bisa menghasilkan uang dan penghasilan yang cukup banyak. Anda bisa menawarkan cetak brosur murah, dengan modal desain dan sebagainya. 

Tertarik menjadi dropshipper dan reseller bisa tulis di kolom komentar ya? 

3. Video Editor (Multimedia Editor)

Saya pernah punya teman kuliah yang bekerja lepas sebagai animator, dan tidak main - main dia adalah animator freelance tetap dari salah satu rumah produksi animasi terkenal di dunia yaitu Pixar. Saya tidak tahu cara dia sampai pada titik itu, tapi memang hasil animasi yang dibuat teman saya memang sangat keren.

Selain animasi, anda juga bisa menjadi video editor freelance karena saat ini semua media sedang gencar berpindah ke video untuk segala keperluan marketing, promo produk , dan sebagainya. 

4. Kerja Part-time

Jika kalian punya lebih banyak waktu luang anda bisa melamar pekerjaan sebagai pekerja part time, selain pengalaman, anda juga bisa bertemu dengan teman baru, yang berarti akan bisa menambah relasi baru di lingkaran sosial anda.

Kekurangan dari kerja part time ini adalah manajemen waktu yang harus diterapkan sangatlah susah, terutama bagi mahasiwa yang sedang kuliah. Kebanyakan mahasiswa yang masih kuliah terlalu terlena dengan pekerjaan sehingga kuliah ditinggalkan ataupun sebaliknya. 

Jadi, bagilah waktu dengan bijak jika anda ingin bekerja partime agar bisa mencapai sesuai dengan tujuan anda sendiri.

5. Membantu Mencari Kos 

Beberapa minggu yang lalu saya bertemu dengan seorang yang mempunyai kegiatan untuk mencarikan kos di daerah tempat saya tinggal. Pada dasarnya, pekerjaan yang satu ini bisa dilakukan di lingkungan kampus ramai atau perkantoran.

Cara kerjanya adalah anda mencari kos - kos kosong kemudian ijin dengan yang punya kos untuk membantu pemasaran dari kos tersebut, kemudian anda mendapatkan hasil dari pencari kos berupa uang jadi, biasanya sekitar 50 sampai 100 ribu (di sekitar tempat tinggal saya ya).

Pemasaran yang dilakukan teman saya adalah menggunakan group - group facebook lokal dan instagram. 

6. Jualan Cemilan Di Kantor Atau Di Kampus 

Saya melihat beberapa postingan di instagram dari guru saya waktu SMA, beliau memposting sebuah makanan kecil atau camilan yang dijual di sekolah, khususnya untuk para guru. Jika kalian ingin mencobanya silakan tapi harus diperhatikan peraturan kantor dan sekolah atau kampus ya? Jangan sampai melanggar peraturan ya.

7. Berjualan kerajinan tangan (handmade)

Terbayang tidak jika papan triplek bisa dijadikan sebuah barang yang bisa dijual dengan harga yang lumayan mahal? Dijadikan aksesoris, dijadikan pajangan untuk hiasan dinding, dan lain - lain. Gunakan berbagai peralatan yang kurang dipakai dilingkungan anda dan buat sebuah produk yang kira - kira punya nilai jual.

Kesimpulan 

Banyak sekali jenis pekerjaan sampingan dan peluang usaha sampingan yang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan, atau side income. Jadi terus berkarya dan terus bekerja dengan tekun pastinya lama - lama akan terlihat hasilnya. 

Jadi bagaimana pendapat anda? Apakah anda pernah mencoba salah satu dari contoh yang sudah tertulis diatas? share dong pengalaman anda di kolom komentar. Terimakasih, jika merasa bermanfaat silakan share ya?