5 Ide Bisnis Dan Peluang Usaha Di Bulan Ramadhan 2019


Sebentar lagi akan datang bulan ramadhan yang selalu ditunggu - tunggu oleh banyak orang terutama masyarakat indonesia. Pada bulan puasa biasanya akan banyak sekali orang yang "mendadak" melakukan usaha sampingan untuk menambah pendapatan, ya memang tidak dapat dipungkiri di bulan puasa dan ramadhan memang selalu ramai orang berbelanja, dan hanya sekedar mencari menu segar untuk berbuka puasa.

Kita sebaiknya jangan sampai melewatkan kesempatan kali ini untuk menambah pendapatan dengan melakukan usaha sampingan atau pekerjaan sampingan, yang paling diminati saat bulan - bulan puasa. Nah, blog pejuang karir kali ini akan mencoba membedah apa saja sih peluang usaha dan ide bisnis yang bisa dilakukan saat bulan puasa dan ramadhan kali ini.

Baca juga : Motivasi Sukses dan Tips Sukses Usaha Dan Pekerjaan Sampingan

Jika anda masih duduk di bangku perkuliahan atau masih sekolah, tentu kesempatan ini akan lebih menyenangkan jika anda melakukan usaha sampingan ini bersama - sama dengan teman, selagi menghabiskan waktu menunggu buka puasa, alias ngabuburit.

Tapi jika anda masih ada pekerja kantoran atau yang sudah sibuk dengan pekerjaan sehari - hari yang tidak bisa digantikan, tenang saja masih ada beberapa peluang yang anda ambil. Oke, langsung saja kita lihat satu persatu.

1. Berjualan Menu Buka Puasa 



Pasti ada saja orang yang berburu menu kesukaan untuk berbuka puasa, terutama para perantau yang notabene tidak bisa memakan menu rumahan. Selain itu beberapa menu khas buka puasa selama ramadhan juga bisa menjadi pilihan untuk dijual, sebagai contoh kolak, es buah, dan makanan kecil lainnya. Nah, disini saya juga ada rencana untuk berjualan saat bulan puasa lho, ada yang mau gabung? 

Kelebihan jualan makanan saat bulan puasa :
  • Ada lebih banyak pilihan makanan yang dijual saat bulan puasa.
  • Kesempatan mendapatkan pelanggan lebih banyak.
  • Target pasar lebih terbidik yaitu menu buka puasa.
Kekurangan berjualan saat bulan puasa :
  • Pasti banyak saingan. Orang yang berjualan saat bulan puasa bisa meningkat 2 kali lipat daripada hari - hari biasa.
  • Susah mencari tempat untuk berjualan. Di beberapa kota besar sangat susah untuk memilih tempat berjualan yang notabene murah terutama saat bulan ramadhan.
  • Batas waktu yang sedikit. Terkadang keramaian yang terjadi saat bulan puasa adalah saat menjelang berbuka puasa, setelah itu dipastikan sepi. Untuk itu penentuan produk dan menu yang dijual menjadi krusial disini.

2. Jualan Fashion Muslim 



Satu lagi barang yang menjadi laris manis ketika bulan puasa dan ramadhan adalah busana muslim. Di bulan ramdhan ini adalah salah satu momen untuk memperbaiki diri dan untuk mendekatkan diri kepada yang Maha Kuasa. Salah satu jalan untuk memperbaiki diri dengan melaksanakan kewajiban - kewajiban. Dengan kata lain salah satunya adalah memperbaiki cara berpakaian.

Keuntungan berjualan busana dan fashion muslim di bulan puasa :

  • Tentunya pasar yang tertaget dan peminat meningkat.
  • Bisa dilakukan secara online dan offline. Sangat cocok untuk penghasilan tambahan bagi yang sibuk bekerja.
  • Bisa dilanjutkan sebagai usaha sampingan. Busana muslim termasuk salah satu barang yang sangat laris diluar bulan puasa dan ramadhan, jadi anda bisa terus melanjutkan usaha ini.
  • Modal yang dibutuhkan sedikit, anda bisa melakukan dropshipping atau reselling.
Kekurangan dan kelemehan :
  • Membangun brand awareness terkadang membutuhkan waktu yang lama. Waktu sebulan kurang maksimal.
  • Persaingan harga di fashion, terutama busana muslim ini sangat berat. Banyak yang menawarkan harga murah dengan kualitas yang sangat memuaskan.
  • Pengiriman di bulan puasa dan bulan ramadhan terkadang overload, sehingga akan menjadi kendala tersendiri, jika melakukan pengiriman barang.


3. Menyewakan Tempat Untuk Liburan



Bagi anda yang memiliki properti dalam bentuk rumah atau bangunan yang mungkin tidak terpakai atau ruangan yang tidak terpakai mungkin cara ini bisa dilakukan. Ide ke 3 ini bisa dilakukan pasca bulan puasa, saat liburan. Untuk anda yang punya tempat - tempat strategis dekat dengan tempat wisata pusat kota budaya, seperti yogyakarta, solo dan lain - lain, bisa menyewakan tempat anda untuk beristirahat para wisatawan terutama yang dari luar kota.

Sudah banyak startup yang membantu memasarkan tempat - tempat seperti ini seperti oyo, atau kalau diluar negeri seperti airbnb, dan lain - lain. Dengan bantuan aplikasi tersebut kemungkinan akan lebih besar.

Keuntungan melakukan ide ini :

  • Tidak membutuhkan modal yang banyak.
  • Tidak membutuhkan proses produksi yang panjang dan melelahkan, alias bisa menghemat waktu.
  • Mendapatkan banyak keuntungan.
Kelemahan dan kekurangan :
  • Tempat yang kurang strategis sangat sulit untuk mendapatkan pelanggan.
  • Tetap harus memperhatikan biaya perbaikan dan kebersihan.

4. Persewaan Mobil Dan Motor



Beberapa tahun ini sangat ngetrend mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Beberapa pemudik atau orang - orang yang ingin pulang ke kampung halaman memilih untuk menggunakan kendaraan sendiri, karena lebih fleksibel dan bebas menentukan waktu mereka sendiri.

Dengan kata lain ini merupakan sebuah peluang yang bisa dimanfaatkan. Persewaan mobil dan motor saat musim lebaran dan bulan puasa menjadi meningkat. 

Keuntungan :
  • Bisnis ini bisa dilakukan bersama dengan persewaan yang sudah ada dengan sistem bagi hasil.
  • Kita tidak perlu pusing memikirkan pemasaran.
  • Peminat tentu banyak dengan adanya fakta bahwa trend mudik menggunakan pribadi cenderung besar.
Kelemahan :
  • Resiko bisnis yang cenderung tinggi. 
  • Harus benar - benar menerapkan sistem keamanan di dalam mobil dan motor yang disewakan, minimal GPS harus terpasang di unit yang disewakan.

5. Jual Beli Mobil bekas dan Motor bekas



Nah seperti yang sudah dijelaskan bahwa trend mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi sangat marak di indonesia. Dan sudah menjadi sebuah kebiasaan di waktu mendekati lebaran, pasti jual beli kendaraan bekas ini meningkat. 

Kelebihan
  • Jual beli mobil bekas dan motor bekas memiliki profit dan untung yang cukup besar. Terbukti dengan banyaknya orang yang melakukan bisnis ini.
  • Di bulan puasa dan ramadhan minat untuk membeli motor bekas dan mobil bekas meningkat.
  • Bisnis ini juga bisa dijadikan bisnis yang berlanjut setelah bulan puasa berlalu.
Kekurangan :
  • Membutuhkan modal yang tidak sedikit.
  • Menjual motor bekas dan mobil bekas, membutuhkan kesabaran yang ekstra.
  • Mencari unit yang murah untuk dijual kembali sangat susah dan juga membutuhkan proses yang panjang.


Kesimpulan 

Banyak sekali ide bisnis dan peluang usaha yang bisa dilakukan saat bulan puasa dan bulan ramadhan. Kelima contoh diatas hanyalah contoh peluang usaha dan ide bisnis yang bisa kalian lakukan. Ada lagi ide seperti jualan menu sahur misalnya, dan masih banyak lagi.

Pertanyaannya adalah apakah ide dan peluang ini bisa dimanfaatkan sehingga benar - benar menghasilkan tambahan uang? ataukah menjadi sebuah wacana yang hanya terpikirkan saja di kepala? 

Bisa deh share pengalaman dan tambahan untuk ide dan peluang bisnis usaha di bulan puasa besok ini.

Baca juga artikel : 


















Posting Komentar

0 Komentar