Produktivitas Terjaga Dengan Tidur Teratur : Contoh Pola Tidur Orang Sukses Di Dunia


Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan menata pola tidur teratur. Kebiasaan pola tidur tidak teratur terkadang memberikan beberapa dampak yang sangat negatif pada fisik kita, kesehatan, dan tentunya berakibat berkurangnya produktifitas yang kita miliki.

Dengan produktivitas yang bagus, kita tentu akan lebih optimal dalam bekerja dan menjalankan kegiatan sehari - hari, melakukan bisnis yang kita miliki, lebih memiliki semangat intinya.

Berikut ini adalah contoh berbagai orang contoh pola tidur dari orang - orang sukses yang ada di dunia, mulai dari Mark Zuckeberg, Bill Gates, Elon Musk, dan lain - lain.

Beberapa penilitian menyebutkan bahwa pola tidur yang baik merupakan sebuah pola tidur yang "cukup" dan teratur. Pola tidur sangat berpengaruh kepada kesehatan, baik kurang tidur maupun terlalu lama tidur dalam jangka panjang akan menyebabkan gangguan kesehatan. 

Menurut sleep.org, pola tidur yanng baik dipercaya harus ditentukan oleh umur, orang dewasa umumnya dan harusnya memiliki pola tidur sekitar 5 - 9 jam perhari. 

Kita membutuhkan tidur untuk menjaga fungsi dari setiap organ yang ada di dalam tubuh kita, berikut adalah fungsi tidur yang teratur untuk organ - organ yang ada di dalam tubuh : 

  • Otak - Cairan Celebral Spinal dipompa lebih cepat sangat kita tertidur. Cairan ini berfungsi untuk merefresh sel - sel otak sehingga ketika terbangun kita sering merasa bahwa otak kita terasa lebih ringan.
  • Jantung - Salah satu organ penting di dalam tubuh kita. Saat kita tertidur, jantung juga mengambil waktu untuk beristirahat dengan mengurangi tekanan darah dan detak jantung.
  • Paru - paru - Sama halnya dengan jantung, saat kita dalam kondisi tersadar, kerja paru - paru sesuai dengan emosi, keadaan fisik kita. Saat kita tertidur inilah paru - paru sedikit beristirahat dengan mengurangi kinerja organ ini.
  • Lambung - Mengapa kita mengantuk saat setelah makan? Karena saat kita makan terkadang terdapat bahan kimia dalam makanan yang disebut dengan trytophan. Karbohidrat menghasilkan trytophan, karena itulah setelah kita makan sering sekali menjadi mengantuk.
  • Otot - Salah satu cara untuk membentuk otot selain olahraga teratur tentunya kita harus tidur secara teratur. Karena saat kita tidur, tubuh kita menghasilkan hormon pertumbuhan yang sangat baik untuk pertumbuhan otot kita. 
Saya tahu anda semua adalah orang yang sangat sibuk dan terkadang bahkan tidak memiliki waktu untuk tidur. Tapi karena pola tidur sudah terbukti sangat meningkatkan produktivitas sudah jelas anda harus mengubahnya dan membiasakan untuk mempraktekkan pola tidur yang teratur.

Untuk bisa tidur dengan berkualitas setiap orang tidur mempunyai kebiasaan yang berbeda, sebagai contoh menjauhkan peralatan elektronik seperti smartphone, remote tv, dll. Atau membaca buku, mendengarkan musik. Temukan kecocokan dengan diri anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Baiklah kita langsung saja lihat kebiasan dan pola tidur orang - orang sukses di dunia. Anda bisa lihat infographics dari artikel forbes berjudul "The Sleep Habbits of highly successful people" berikut ini.

Bisnis juga bisa memanfaatkan tools seperti ericsson PBX untuk lebih produktif di lingkungan kerja mereka. 

Kesimpulan 

Pola tidur sangatlah penting untuk produktifitas dan kesehatan. Banyak sekali orang - orang sukses yang ada di dunia ini menerapkan pola tidur yang dianjurkan oleh peneliti yaitu sekitar 5 - 9 jam untuk orang dewasa. Selain menjaga produktifitas dan kesehatan, pola tidur yang teratur juga sangat mempengaruhi kebugaran tubuh kita, sehingga kita akan lebih percaya diri untuk bertemu dengan orang lain dalam keseharian kita.

Jadi berapa jam sehari anda tidur saat malam hari? Apakah sudah teratur atau masih sangat kurang atau malah kelebihan? Bisa langsung tulis di kolom komentar ya? 

Baca juga artikel : 

Posting Komentar

0 Komentar