Catering Sehat via katering aisya.

Beberapa tahun belakangan ini muncul trend yang cukup menarik untuk diikuti, salah satunya adalah catering sehat. Sepertinya masyarakat sekarang ini mulai sadar pentingnya makanan yang masuk ke dalam tubuh. Masyarakat sedikit demi sedikit mengerti bahwa kesehatan merupakan investasi jangka Panjang untuk setiap individu. Menjaga kesehatan, selain dari olahraga juga harus dimulai dari makanan yang kita makan sehari hari.

Selain itu pola makan masyarakat perkotaan terutama para pekerja kantoran ataupun orang yang sagat sibuk, jarang sekali bisa terjaga. Sering kali makanan cepat saji yang kurang menyehatkan jadi menu mereka, karena sudah tidak ada waktu lagi untuk membuang waktu untuk membeli atau membuat makanan.

Sampai beberapa tahun yang lalu, catering yang menawarkan jasa makanan sehat juga mulai bermunculan di berbagai kota di Indonesia. Para pekerja kantoran yang sibuk, dan orang – orang yang kesulitan untuk menyempatkan waktunya sendiri untuk memasak kini, bisa menikmati menu – menu makanan sehat dengan mudah. Jadi apa sih catering sehat itu? Pengertian catering sehat itu seperti apa? Dan kriterianya apa saja. Kita akan bahas selengkapnya di artikel kali ini.

Pengertian Catering Sehat


Secara umum catering sehat adalah layanan atau jasa catering yang menawarkan berbagai macam dan aneka menu sehat untuk para pelanggannya.
Sedikit perbedaan dari jasa dan layanan catering konvensional lainnya, catering sehat menawarkan berbagai macam menu dengan bahan – bahan yang biasanya digunakan untuk menu – menu diet, menu yang memang bergizi tinggi dan sangat dibutuhkan untuk tubuh.
Catering sehat juga memperhatikan hal – hal detail lain seperti porsi makanan dan gizi didalam makanan, kemudian cara memasak, dan tentunya bahan – bahan masakan.

Kenapa Harus Catering Sehat


Jika membahas mengenai catering sehat dan makanan yang menyehatkan tubuh memang sangat menarik dan tidak ada habisnya. Pertanyaan yang sering muncul kenapa harus makanan sehat dan catering sehat?

Sebenarnya, anda sendiri pun bisa membuat olahan menu makanan yang sehat tanpa harus menggunakan jasa dan layanan dari catering sehat, namun harus diperhatikan bahwa membuat sebuah menu makanan sehat itu tidak semudah yang seperti yang dibayangkan. Kita harus memperhatikan alat masak yang aman dan juga bahan - bahan yang digunakan. 

Waktu - Seperti yang sudah dijelaskan, mengolah sebuah menu menjadi sebuah olahan yang sehat membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan menu – menu olahan makanan biasa. Makanan sehat biasanya membutuhkan bahan – bahan yang lebih susah untuk dicari.
Daripada membuang waktu untuk mencari semua bahan – bahan yang dibutuhkan, apalagi anda seorang yang sangat sibuk dalam pekerjaan anda, catering sehat bisa menjadi sebuah alternative untuk anda.

Biaya – Jika dihitung biaya membuat sendiri makanan sehat dan menyerahkannya ke jasa catering sehat itu tidak berbeda terlalu jauh. Memang harga dari bahan untuk membuat menu olahan sehat sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan menu konvensional biasa, tapi jika dihitung dengan waktu yang kita gunakan untuk mencari bahan, kemudian proses memasak, ternyata catering sehat ini juga bisa menjadi pilihan.

Pilihan Menu – Ada yang pernah bingung ingin memasak apa? Atau bosan dengan masakan dengan menu itu – itu saja. Kelebihan lain dari layanan catering yang baik adalah memberikan berbagai menu pilihan yang menarik, sehingga pelanggan juga tidak bosan dengan menu santapan mereka.

Kriteria Catering Sehat


Catering sehat itu seperti apa, setelah membahas mengenai pengertian dan beberapa kelebihan dari layanan catering sehat. Tentunya ada beberapa kriteria yang bisa kita lihat untuk memilih catering sehat atau menu makanan sehat. Langsung saja kita lihat list kriteria catering sehat.

1.      Pilihan Menu dan Bahan

Pilihan menu sehat terkadang lebih sedikit jika dibandingkan dengan makanan yang biasa kita makan sehari – hari. Sebagai pemberi jasa catering sehat dan makanan sehat tentunya, membuat olahan menu sehat dengan berbagai macam bahan yang berkualitas adalah sebuah prioritas utama.
Bahan – bahan yang digunakan harus jelas, dan harusnya transparan untuk ditunjukkan kepada pelanggan. Kepercayaan pelanggan terhadap layanan catering sehat itu penting, karena pelaggan sudah mempercayakan makanan mereka kepada penyedia layanan catering sehat.

2.      Mengetahui Jumlah Gizi Yang Terkandung

Layanan catering sehat juga harus memperhatikan gizi dan nutrisi yang ada di menu yang ditawarkan. Untuk mengetahui gizi yang terkandung di dalam sebuah makanan ada banyak cara, seperti konsultasi dengan ahli gizi, atau belajar dari berbagai informasi yang ada di internet secara gratis.
Layanan catering sehat tidak harus memiliki ahli gizi sendiri tapi paling tidak harus mengetahui nutrisi yang ada pada menu mereka.

3.      Kebersihan Dan Kerapian

Bagaimana kebersihan saat proses memasak? Apakah benar – benar bersih atau tidak? Bagaimana keadaan box yang digunakan untuk menyajikan makanan? Apakah bersih dan rapi juga? Bukan hanya layanan catering sehat, kriteria ini juga masuk di layanan catering pada umumnya, sehingga harus menjadi salah satu pedoman untuk pengguna jasa layanan catering.

4.       Inovasi

Kriteria dari catering sehat selanjutnya adalah inovasi. Seperti yang kita ketahui bahwa bahan – bahan makanan di pasaran memiliki harga yang berubah – ubah, apalagi bahan – bahan dari menu makanan sehat sedikit lebih mahal.

Catering sehat tentunya harus memiliki inovasi yang bagus sehingga ketika terjadi kenaikan harga pada bahan, bisa mengatasi dengan berimprovasi tanpa harus menaikkan harga dan mengurangi kualitas dari menu.
5.